ISLC UI 2011 : Global Leaders , Indonesian Colors !

Akhirnya bisa nulis blog juga setelah sekian lama hectic susulan , dan modalnya cuma satu : tenang , tapi suasana ujian susulan entah kenapa...

Akhirnya bisa nulis blog juga setelah sekian lama hectic susulan , dan modalnya cuma satu : tenang , tapi suasana ujian susulan entah kenapa beda sama ujian biasa , lebih tegang , alhasil nilai pas-pasan . tapi tidakada yang harus diratapi , karena saya yakin , saya punya Allah. cukup curcolnya. 

ISLC (Indonesian student leadership Camp ) , telah menghimpun 99 ketua OSIS seluruh Indonesia di UI dan alhamdulillah saya termasuk satu diantaranya , teringat kata-kata pak Houtman saat bercerita , "saya sempatkan kesini karena ingin menyadarkan teman-teman semua , bahwa ANDA lah yang menentukan masa depan bangsa kita " termasuk teman-teman yang membaca ini insyaallah. pelatihan ini merupakan pelatihan paling berkualitas , dan paling elegan yang pernah saya ikuti , recomended pokoknya untuk temen-temen yang nanti jadi ketua OSIS.
beberapa konten acaranya :
Seminar Aku, Indonesia , dan masa depan
pengisinya Mas Pandji (artis multitalenta), pak Jose Rizal ( pemilik MER-C) , moderator dari presenter tv One
Ada beberapa quote yang paling saya ingat 
Mas Pandji : kekuatan dari pemuda Indonesia adalah demen NONGKRONG , kalo demen nongkrong , seharusnya yang diobrolkan adalah obrolan berkualitas bukan ngelantur terus , coba inget Indische Partij , awalnya adalah sekumpulan pemuda senang pesta yang akhirnya melakukan perubahan paradigma dan memberikan "sesuatu" untuk Indonesia , intinya : shift your paradigm about "NONGKRONG"
Pak Jose : Jangan jadi orang yang punya Nasionalisme BUTA , lihat dari urgensi masalah yang ada , bukan berarti karena negara kita BELUM kaya , kita enggan membantu saudara-saudari kita di jalur gaza yang jelas-jelas sedang dizhalimi di tanahnya sendiri 

Softside Development
pengisinya Pa Arief Munandar (bapaknya Fathimah Shafiyyah)
dahsyat , menyampaikan sesuatu dengan lugas , nakal , dan persuasif
quote : " Kepemimpinan bukan tentang posisi struktural , tapi tentang kualitas dan kapasitas diri sang pemimpin "
" Jadilah Pemimpin yang melakukan Transformasi , bukan sekedar perubahan "

Dialog Inspiratif 
pengisinya Pak Houtman Zainal Arifin ( auditor bank asia pasifik yang lulusan SMA )
Bijak , pemenang sejati , kompetitif 
Quote : "prinsip : Ibarat dalam pertandingan tinju , tidak masalah kita dipukuli terus di awal , bahkan sampai terjatuh , lalu kenapa ? ini belum ronde ke 12 kawan! " 

Evening and elegance
Ini mata acara paling membuat saya berdecak kagum dengan panitia , kenapa? bayangin teman- teman ditemukan dengan orang-orang hebat contoh : Anies Baswedan (Indonesia Mengajar) , Dr Sugiharto (CEO yang berasal dari pedagan kelontong ), Direktur pelayanan dan pendidikan masyarakat KPK , dan mahasiswa - mahasiswi berprestasi UI yang tak perlu diragukan. Dimana? dalam satu meja makan (masing-masing kelompok) !
Quote :
Pa Anis Baswedan : "you are a LEADER because you have FOLLOWERS, so respect your followers"
kebetulan saya duduk dengan pak direktur pelayanan masyarakat KPK
yang paling saya ingat adalah cerita pembicaraan beliau saat KPK studi banding ke Korea .
kurang lebih orang korea bilang bahwa bangsa kita memiliki banyak kesamaan historis
"Dulu, kita sama- sama negara termiskin di Asia , Dulu , kita sama-sama menjadi negara paling korup di asia
tapi sekarang , jangan samakan negara saya dan anda , negara saya sudah menjadi salah satu negara maju didunia. "
tersentak hati saya ketika mendengar ini , bukan karena saya marah Indonesia direndahkan , tapi mengingat berapa jauh kita tertinggal , dan sampai hari ini kita masih sibuk mengutuk pemerintahan tanpa bertindak ataupun memberikan optimisme untuk Indonesia . 

Student Conference
menghasilkan Deklarasi 99 dan Forum OSIS Nusantara serta KOMITMEN PEMIMPIN MUDA ( rencananya mau dibacakan diseluruh Depok juga Indonesia) ,insyaallah , berangkat dari sini para pemuda memulai langkah-langkahnya di daerah
sebenarnya banyak konten acara lain , tapi tidak bisa semua dimasukkan , ngobrol dengan saya mungkin lebih  baik jatuhnya

Satu hal yang paling saya rasakan, bahwa semangat saya mengikuti acara ini kalah dengan teman-teman yang datang dari daerah-daerah seluruh Indonesia , mereka harus mencari dana untuk datang kesini , mendengar perjuangan mereka yang sampai mencari lomba untk mengumpulkan uang begitu menggugah hati saya
dapat dianalisis bahwa teman-teman di daerah lebih tahu masalah daerah dan punya semangat membangun daerah yang lebih tinggi dibanding teman-teman yang tinggal dikota (termasuk saya ).
Ada sebuah perkataan teman dari Papua , namanya Saul :
" mungkin teman-teman melihat paras saya putih , rambut saya lurus , tapi sungguh hati saya hitam , keriting , dan darah saya PAPUA "
dan ia dengan percaya diri menepis semua pandangan kita tentang Papua yang primitif.

selain saya , Andhika Ramadhan adalah perwakilan lain dari depok , ia dari Masjid Terminal , yang saya kagumi dari dia , dia tidak ada rasa minder walaupun banyak diantara teman-temannya sering mengaku bersekolah di sekolah negeri, bahkan dengan percaya diri dan semangat memperkenalkan sekolah MASTER(sekolah untuk anak-anak jalanan) ke teman-teman dari berbagai daerah, inilah yang menginspirasi saya untuk mengajak teman-teman MPK/OSIS silaturahim ke MASTER, walaupun rencana ini sudah dicanangkan tempo hari.

saya menyadari bahwa banyak hal penting yang belum menjadi kekuatan saya, dan saya akan mencoba mengubahnya.
Adalah sebuah kesenangan ketika bisa memberikan manfaat ke orang lain , dari perkataan , perbuatan , dan tulisan kita , masih banyak sejuta cerita yang belum bisa diceritakan , bukan maksud bakhil , tapi waktu yang memisahkan , TETAPLAH BERMANFAAT , TETAPLAH BERDEDIKASI
ISLC UI 2011 , GLOBAL LEADERS INDONESIAN COLORS
PEMIMPIN MUDA , YES WE ARE !!!!!!!!!!




You Might Also Like

0 komentar